stat

Saturday 10 January 2009

Screen


Peralatan sablon yang utama adalah Screen. Screen sendiri sebetulnya terdiri atas 2 bagian yaitu :

1.Frame (kerangka)
2. Screen Facbric (kain screen)

Frame
Frame berfungsi untuk menahan kain screen agar tetap kencang dan tidak bergeser dari tempatnya. Frame biasanya terbuat dari kayu atau alumunium. Secara daya tahan frame dari alumunium lebih unggul. Selain itu frame dari bahan alumunium kecil kemungkinannya untuk berubah bentuk. Hanya saja frame jenis inilebih mahal dari yang berbahan kayu.

Jika anda memutuskan untuk membeli frame screen yang terbuat dari kayu sebaiknya anda memilih dari jenis kayu yg baik. Saya kurang tahu bagaimana dengan di daerah lain, tetapi didaerah saya tinggal (jogja) masih banyak toko sablon yang menjual frame screen dari kayu jati. Ada frame yang sudah saya pakai hingga 10 tahun dan hingga saat ini masih berfungsi dengan baik.

Kain Screen
Bahan screen biasanya disebut dengan nama mesh dan terbuat dari banyak macam bahan seperti sutra dan polyester. Untuk saat ini kebanyakan screen dibuat dari bahan polyester.

Mesh Count
Mesh count adalah hitungan benang untuk menunjukan kerapatan per sentimeter. Untuk screen yang dijual di toko-toko peralatan sablon biasanya ditandai dengan hutuf T. Ada T55, T62, T77, T90 dan sebagainya. Semakin besar angka semakin rapat pula anyaman benangnya yang berarti pula semakin sulit cat/tinta sablon menembus kain screen.
Mengapa ada berbagai macam ukuran mesh count? masing-masing ukuran memiliki fungsi yang berbeda-beda. Jika kita hendak menyablon art work yg hanya berupa blok seperti nomor punggung pemain sepakbola, maka akan lenih mudah jika memakai ukuran T55. Sedangkan jika art work yg kita kerjakan memerlukan detail gambat dan garis-garis yang tajam sebaiknya kita memakai T77 atau bahkan T90.

Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan screen adalah ketegangan dari kain screen. Jika kain screen kurang kencang maka akan mempengaruhi pada hasil sablonan kita. Dimana hasil sablonan bisa saja bergeser dari tempat yang kita inginkan.

No comments:

Post a Comment